Jumat, 09 Maret 2012

CONGRESS SYSTEM: PERBEDAAN SENAT DAN HOUSE OF REPRESENTATIVES


Konstitusi Amerika Serikat memutuskan ada tiga lembaga yang memegang kekuasaan negara yakni legislatif, eksekutif dan yudikatif. Lembaga legislatif biasa disebut Kongres. Bab I Pasal 10 Konstitusi Amerika Serikat menegaskan bahwa kekuasaan untuk membentuk undang-undang berada di tangan sebuah Kongres Amerika Serikat yang terdiri dari dua badan (bicameral) yaitu Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat (House Of Representative).
Senat adalah perwakilan dari tiap-tiap negara bagian yang dipilih oleh rakyat negara bagian yang bersangkutan. Setiap negara bagian mengirim dua orang Senator untuk masa jabatan enam tahun. Jumlah penduduk dan luas wilayah tidak mempengaruhi jumlah Senator, karena setiap negara bagian sudah ditentukan untuk memiliki dua senator saja. Pada mulanya Senator dipilih oleh badan legislatif negara bagian, tetapi sejak tahun 1912 ketika amandemen ke-17, Senator dipilih langsung oleh rakyat. Kekuasaan khusus Senat yaitu menolak pengangkatan pegawai yang dipilih oleh presiden untuk jabatan-jabatan penting, memberi persetujuan dengan 2/3 suara pada perjanjian-perjanjian yang dibuat oleh presiden serta mempunyai hak untuk menyelidiki segala dakwaan. Selain itu, Senat juga bertugas membantu presiden dalam membuat keputusan tentang isu–isu besar, seperti persetujuan untuk melaksanakan perang, keputusan tentang militer seperti pengiriman pasukan dan kendaraan perang, sedikit banyak mempengaruhi kebijakan tentang keuangan, perdagangan Amerika Serikat dengan negara lain, membuat pengadilan federal sampai naturalisasi orang asing yang ingin menjadi penduduk Amerika Serikat.
Syarat menjadi seorang Senator antara lain berusia minimum 30 tahun, menjadi warga Amerika sedikitnya selama sembilan tahun, dan berdomisili di negara bagian yang memilihnya. Konstitusi telah menentukan wakil presiden sebagai ketua Senat. Namun ia tidak memiliki hak untuk memilih dan hak memberikan suara, kecuali jika terjadi hasil seri dalam pemungutan suara. Berbeda dengan DPR yang menentukan sendiri ketuanya.
Dewan Perwakilan Rakyat (House Of Representative) adalah perwakilan rakyat negara. Sejak tahun 1910 perwakilan rakyat negara yang ditetapkan berjumlah 435 orang. Setiap Dewan mewakili satu komite yang memegang jabatan selama dua tahun. Negara dibagi menjadi beberapa distrik yang banyaknya sama dengan jumlah perwakilan negara. Wakil rakyat harus memperhatikan kebutuhan rakyatnya. Kekuasaan khusus Dewan meliputi kekuasaan menambah keuangan negara melalui undang-undang, mengajukan impeachment, dan menentukan pemilihan presiden jika posisi calon-calon presiden sama unggul saat pemilu. Syarat seorang Dewan ialah berusia minimal 25 tahun, berstatus kewarganegaraan Amerika Serikat selama tujuh tahun, dan berdomisili di wilayah negara Amerika Serikat. UUD menjamin setiap negara bagian paling tidak memiliki satu wakil untuk DPR. Kini rasio perwakilan untuk DPR ialah 1 berbading 600.000 orang.
Kami mencoba untuk membuat tabel perbedaan antara senat dan Dewan Perwakilan Rakyat. Berikut ini adalah tabel perbedaanya.
Perbedaan
Senat
House of Representatives
Anggota
Beranggotakann dua perwakilan dari tiap negara bagian.
Jumlah  anggota berdasarkan dengan jumlah penduduk yang pada negara bagian.
Syarat-syarat
·         Berusia minimum 30 tahun,
·         Menjadi warga Amerika sedikitnya sembilan tahun lamanya,
·         Berdomisili di negara bagian yang memilihnya.
·         Berusia minimum 25 tahun,
·         Menjadi warga negara Amerika sedikitnya tujuh tahun lamanya,
·         Berdomisili di negara bagian yang memilihnya.
Orientasi
Bangsa
Rakyat
Wewenang
Senat diperbolehkan untuk menolak setiap rancangan yang diajukan oleh DPR dan mengajukan amandemen terhadap rancangan tersebut.
Dewan perwakilan boleh menentang usulan undang-undang yang diajukan dewan perwakilan lain.
Wewenang Khusus
Senat mempunyai wewenang khusus, yaitu wewenang untuk memastikan pengangkatan pejabat tinggi dan duta besar, serta wewenang untuk mengesahkan perjanjian dengan cara dua pertiga suara
Mempunyai wewenang untuk mengajukan perundang-undangan kenaikan penghasilan.

Dalam Impeachment
Senat mempunyai hak untuk mengadili dan menetukan bersalah tidaknya pejabat yang bersangkutan.
Dewan memiliki hak tunggal untuk mengajukan tuduhan, yang dapat menyebabkan persidangan impeachment nantinya.
Pemilihan Ketua
Konstitusi menentukan wakil presiden sebagai ketua Senat.
DPR menentukan sendiri ketuanya.

Konstitusi Amerika Serikat sendiri berjalan dengan tiga prinsip yakni demokrasi, federalis dan pemisahan kekuasaan yang check and balance, saling mengontrol dan menstabilkan trias politica agar setiap lembaga dapat berkonsentrasi pada bidang masing-masing dan tidak mencampuri lembaga lainnya.
Referensi :
1.      Sujiyanto, Muhlisin. Praktik Belajar Kewarganegaraan Untuk SMA Kelas XII. Jakarta : Ganeca Exact.
  1. Targonski, Rosalie. 2000. Garis besar Pemerintahan Amerika Serikat. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.
  2. http://usgovinfo.about.com/od/uscongress/a/whyhouseandsenate.htm (Diakses pada tanggal 1 April 2010)
  3. http://www.wisegeek.com/in-us-politics--what-is-the-difference-between-congress-the-senate-and-the-house-of-representatives.htm (Diakses pada tanggal 1 April 2010)

1 komentar:

SITTA mengatakan...

IZIN COPY... THANKS

Posting Komentar