Jumat, 09 Maret 2012

Komposisi Kongres Amerika Serikat

Dalam pemerintahan Amerika, cabang legislative dijalankan oleh kongres. Kongres menganut sistem bicameral atau sistem dua kamar, yang terdiri dari Senate dan House of Representative (DPR).  Anggota senat terdiri dari dua perwakilan dari tiap negara bagian. Sedangkan untuk perwakilan di HoR disesuaikan dengan jumlah penduduk masing-masing negara bagian. Saat ini ada 50 negara bagian di Amerika sehingga anggota senat berjumlah 100 orang sedangkan anggota HoR terdiri dari 435 orang dengan perbandingan 600.000 diwakili 1 representative.
Saat ini kongres yang bertugas adalah kongres ke-111 berdasarkan pemilu pada 4 November 2008 dengan masa jabatan dari 3 Januari 2009 sampai 3 Januari 2011 dan memulai sesi pertamanya pada 6 Januari 2009. Pada hasil pemilu tersebut jumlah anggota kongres dari Demokrat meningkat baik untuk senat maupun untuk HoR. Dalam senat terdapat 57 perwakilan yang berasal dari partai Demokrat, 41 dari partai Republik, dan 2 perwakilan independen. Sedangkan dalam HoR tedapat 253 perwakilan yang berasal dari partai Demokrat, 177 dari Republik, dan 5 orang vacant.
Senat diketuai oleh wakil presiden Amerika, jadi senat dalam kongres ke-111 ini dipimpin oleh Dick Cheney (Republik) dari 6 Januari 2009 sampai 20 Januari 2009, setelah itu terdapat presiden dan wakil presiden terpilih baru sehingga pemimpin senat digantikan oleh wakil presiden baru Joe Biden (Demokrat) dari 20 Januari 2009 sampai 3 Januai 2011. Dan senat berhak memilih seorang ketua sementara untuk memimpin jika wapres tidak ada, untuk periode ini ketua sementara senat adalah Robert Byrd (Demokrat).

Pada awal masa kerja kongres, para anggota partai politik memilih ketua fraksi dan pejabat-pejabat lain untuk menangani jalannya pembuatan undang-undang. Dalam senat terdiri dari kepemimpinan partai mayoritas yang saat ini dipegang oleh Demokrat dan minoritas yang dipegang oleh partai Republik. Untuk kepempiminan partai mayoritas terdapat beberapa jabatan yaitu majority leader (Harry Reid) and democratic conference chairman, assistant majority leader (majority whip), democratic conference vice chairman, democratic senatorial campaign committee chairman, democratic conference secretary, democratic policy committee chairman, democratic steering and outreach committee chair, democratic committee outreach chair, democratic rural outreach chair, chief deputy whip, dan deputy whips. Sedangkan untuk kepemimpinan partai minoritas jabatan yang ada yaitu minority leader (Mitch McConnell), assistant minority leader (minority whip), counselor to the minority leader, republican conference chairman, republican policy committee chairman, republican conference vice chair, dan national republican senatorial committeee chair.
Dalam HoR juga terdapat beberapa pejabat yang dipilih oleh House sendiri, yaitu speaker dan assistant to speaker, serta kepemimpinan fraksi-fraksi yang terdiri dari kepemimpinan partai mayoritas dan minoritas seperti pada senat, yang terdiri dari kepemimpinan partai mayoritas: majority leader (Stenny Hoyer), majority whip, senior chief deputy majority whip chief deputy majority whip, caucus chairman, caucus vice-chairman, campaign committee chairman, steering/policy committee co-chair, organization, study, and review chairman, dan kepemimpinan partai minoritas: minority leader (John Boehner), minority whip, chief deputy whip, conference chair, conference vice-chair, conference secretary, policy committee chairman, dan campaign committee chairman. Saat ini pembicara HoR adalah Nancy Pelosi yang menjabat dari 4 Januari 2007 sampai sekarang, berasal dari partai Demokrat yang mewakili distrik ke delepan wilayah California.
Komisi di dalam kongres diperlukan untuk penyelidikan lebih dalam mengenai peraturan yang akan dikeluarkan. Saat ini terdapat 21 komisi tetap di HoR dan 20 komisi tetap di senat. Adapun komisi tetap di HoR terdiri dari :  Agriculture , Appropriations ,  Armed Services, Budget,  Education and Labor, Energy and Commerce, Financial Services, Foreign Affairs , Homeland Security, House Administration, Intelligence (Permanent Select),  Judiciary, Natural Resources, Oversight and Government Reform ,Rules, Science and Technology,  Small Business, Standards of Official Conduct, Transportation and Infrastructure , Veterans' Affairs, dan Ways and Means.
Karena permasalahan-permasalahan yang timbul cukup kompleks, maka setiap komisi baik yang ada di HoR maupun di senate dibagi lagi menjadi sub-sub komisi yang kajiannya lebih spesifik. Misalnya Komisi Agkatan Bersenjata (Armed Service Commission) dibagi menjadi sub-sub komisi Strategic Force, Terrorism and Unconventional Threats, Millitary Personel, dan sebagainya. Begitu juga dengan komisi-komisi yang lain
Selain komisi tetap yang ada di HoR dan di senat, juga ada satu komisi yang disebut Komisi Konferensi yang anggotanya terdiri dari anggota komisi tetap HoR dan senat. Komisi ini bertugas sebagai penengah apabila ada perbedaan dalam menetapkan RUU oleh HoR dan senat.
Berikut adalah beberapa isu-isu yang sudah berhasil melewati penggodokan  di kongres ke-111 Amerika serikat: Veterans Affairs Health Care, Prevent Deceptive Census Look Alike Mailings Act, Haiti Debt Relief and Earthquake Recovery Act, National Childhood Obesity Awareness Month, University of Southern Mississippi, National Safe Digging Month, National Association of Junior Auxiliaries Day, Parkinson's Awareness Month.
Haiti Debt Relief and Earthquake Recovery Act: Senat telah meloloskan undang-undang  H.R.4573, untuk mengijinkan Menteri keuangan memerintahkan the United States Executive Directors at the International Monetary Fund, the World Bank, the Inter-American Development Bank, dan organisasi internasional lainnya untuk mendukung Amerika dalam mengatasi resesi keuangan di Haiti. National Childhood Obesity Awareness Month: Komisi Hukum telah diberhentikan dari considerasi S.Res.412, dengan hasil menentukan bulan September 2010 sebagai ``National Childhood Obesity Awareness Month''


Sources:
Schroeder, Richard C. Garis Besar Pemerintahan Amerika Serikat (1989)
http://uspolitics.about.com/od/thecongress/a/111th_Congress.htm (tanggal akses 6 April 2010)

0 komentar:

Posting Komentar