Jumat, 09 Maret 2012

Rekruitmen dan Kekuatan Senator Amerika Serikat

Pada pasal I Konstitusi memberikan kekuasaan legislatif pemerintah federal kepada suatu Kongres yang dibagi atas dua dewan, yaitu Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat (House of Representative). Anggota dari senat sendiri terdiri dari 2 perwakilan dari masing-masing negara bagian sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Dasar. Jumlah dari keanggotaan senat adalah 100 orang, jauh lebih kecil jumlahnya dibandingkan dengan keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat yang mencapai 435 orang. Anggota senat disini dipilih sebagai perwakilan pemerintahan negara bagian, sedangkan anggota DPR dipilih sebagai perwakilan dari rakyat.

Recruitment of Senators
Lebih dari seratus tahun setelah adanya Konstitusi diatas, para Senator (anggota Senat) tidak dipilih melalui pemungutan suara secara langsung, melainkan dipilih oleh para badan pembuat undang-undang negara bagian yang dianggap mewakili negara bagian mereka. Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa Senator disini adalah seseorang yang dipilih sebagai perwakilan dari suatu negara bagian.
Pada Amandemen XVII yang berlaku pada tahun 1913, mewajibkan pemilihan anggota Senat secara langsung. Hal ini berbeda sekali dengan sebelumnya yaitu dipilih oleh badan pembuat undang-undang si masing-masing negara bagian. Isi dari Amandemen XVII adalah :
“The Senate of the United States shall be composed of two Senators from each State, elected by the people thereof, for six years; and each Senator shall have one vote. The electors in each State shall have the qualifications requisite for electors of the most numerous branch of the State legislatures.”
Dengan disahkannya Amandemen ini, maka pemilihan Senator semenjak tahun 1913 adalah dengan pemilihan umum oleh warga negara bagian tersebut. Hal ini dilakukan karena adanya desakan dari masyarakat untuk dapat memilih Senator secara langsung dan ditempatkan di tangan pemilih biasa.
            Konstitusi menyebutkan beberapa persyaratan akan calon-calon Senator yang akan mencalonkan diri. Beberapa persyaratan anggota Senat Amerika Serikat adalah :
-        Harus berusia minimum 30 tahun;
-        Harus menjadi Warga negara Amerika, setidaknya selama 9 tahun;
-        Berdomisili di negara bagian yang memilih.
Persyaratan diatas tidak sepenuhnya mutlak. Maksud dari pernyataan tersebut adalah bahwa tiap-tiap negara bagian dapat memberikan persyaratan tambahan dalam pemilihan anggota kongres –dalam hal ini Senat –tetapi Konstitusi memberi kuasa kepada setiap dewan untuk menetapkan kualifikasi anggotanya.
Setiap negara bagian berhak untuk memiliki dua senator. Hal tersebut tidak memandang luas wilayah negara bagian, jumlah penduduk di negara bagian tersebut. Jadi, walaupun Rhode Island meupakan negara bagian yang terkecil di Amerika, jumlah senatornya tetap sama seperti negara bagian lain yang luas wilayahnya lebih besar dari Rhode Island.
Pemilihan Senator dilakukan pada tahun-tahun genap dimana akan diadakan pemilihan di seluruh negara bagian. Masa jabatan anggota Senat adalah enam tahun. Setiap dua tahun, sepertiga dari angota Senat akan mencalonkan diri dalam pemilu. Karena itu, dua pertiga anggota senat merupakan orang-orang yang berpengalaman dalam hal hukum perundang-perundangan di tingkat nasional.

Power of Senators
            Setiap dewan Kongres –Senat pada khususnya –mempunyai wewenang untuk mengajukan perundang-undangan pada segala masalah. Senat tidak dapat mengajukan perundang-undangan tentang kenaikan penghasilan, karena hal itu menjadi tanggung jawab dari Dewan Perwakilan Rakyat. Senat berhak tidak menyetujui rancangan dari Dewan Perwakilan Rakyat atau mengajukan amandemen tambahan yang dapat mengubah sifat rancangan tersebut. Jika hal tersebut terjadi, maka akan dibentuk sebuah panitia konferensi untuk member jalan tengah sebelum undang-undang tersebut diresmikan.
            Senat dan Senatornya mempunyai wewenang khusus yang hanya diperuntukkan bagi mereka, yaitu memastikan pengangkatan para pejabat tinggi dan duta besar oleh presiden dari pemerintah federal, juga mengesahkan semua perjanjian dengan cara dua per tiga (2/3) dari hak memilih. Dalam hal ini maksudnya adalah suara negatif dari Senat dapat membatalkan tindakan eksekutif.
            Jika terjadi sebuah kasus impeachment, Senat mempunyai wewenang tunggal untuk mengadili dan menentukan apakah pejabat yang bersangkutan bersalah atau tidak. Jika terbukti memang pejabat tersebut bersalah, maka akan dipecat dari jabatannya.
            Konstitusi menetapkan bahwa Wakil Presiden sebagai ketua Senat. Dalam hal ini berarti ketua Senat Amerika sekarang adalah Joseph Biden, Jr. Namun Senat juga emilih ketua sementara untuk menggantikan Wakil Presiden jika sedang tidak ada. Saat ini senat memiliki 17 komisi tetap.  

Refferences :
1.      Garis Besar Pemerintahan Amerika Serikat. Kantor Program Informasi Internasional, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.
2.      Melusky, Joseph.2000.American Political System.McGraw-Hill Companies.
3.      http://www.u-s-history.com/pages/h772.html (diakses tanggal 5 April 2010)

0 komentar:

Posting Komentar